Kamis, 16 Maret 2017

Mengenal Variabel dan Tipe Data dalam C++

Variable dan Tipe Data pada C++

Variable adalah nama yang memiliki nilai data di mana nilai tersebut dapat berubah pada saat program dieksekusi. Pada setiap bahasa pemrograman, pemberian nilai ke dalam variable mempunyai bentuk  penulisan yang berbeda-beda. variable juga merupakan suatu tempat untuk menampung data atau konstanta di memori yang mempunyai nilai atau data yang dapat berubah – ubah selama proses program. Dalam pemberian nama variable ada ketentuan sebagai berikut :
   a.      Tidak boleh ada spasi ( contoh: gaji bersih ) dan dapat menggunakan tanda garis bawah ( _ ) sebagai penghubung ( contoh : gaji_bersih ).
   b.      Tidak boleh diawali angka dan menggunakan operator aritmatika.
   c.       Nama variable jangan terlalu panjang,meskipun harus dengan jelas menunjukan fungsi nilai data yang diwakilinya.
Variabel bersifat case sensitive sehingga nama,Nama , NaMa , NAMA, naMa akan dianggap sebagai variable yang berbeda. Meskipun demikian, pemberian nama variable seperti itu tidak disarankan karena bisa menyebabkan kebingungan dan kesalahan dalam penulisan program nantinya.
Tipe Data
Kata data adalah bentuk jamak dari kata datum yang berarti fakta. Data adalah istilah umum yang mewakili angka karakter dan symbol – symbol lain yang berfungsi sebagai masukan untuk proses komputer. Tipe data digunakan untuk membatasi nilai dari suatu variable. Nilai dari suatu variable dibatasi karena untuk efesiensi pemakaian memori. Kesalahan dalam menyebutkan tipe data akan menyebabkan program yang kita buat tidak dapat dijalankan.
a.      Tipe Integer variabel yang bertipe integer digunakan untuk menyimpan data-data bernilai bilangan bulat.
b.      Tipe Float Variabel yang bertipe integer digunakan untuk menyimpan data-data bilangan pecahan.
c.       Tipe Char Variabel yang bertipe integer digunakan untuk menyimpan data-data berupa karakter yaitu     huruf,angka dan simbol.
d.      Tipe tanpa bertipe (void), Variabel ini digunakan jika suatu fungsi tidak menghasilkan nilai.

Contoh Program penggunaan tipe data :

 


Output nya sebagai berikut.




Demikian sedikit penjelasan tentang Variabel dan Tipe Data dalam C++ beserta contoh program sederhananya. Semoga bermanfaat bagi teman – teman semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengenal bahasa Pemrograman PHP dan Java

PHP dan Java merupakan pemrograman yang diperuntukan bagi dua tujuan berbeda. PHP lebih banyak digunakan untuk pembuatan aplikasi berbasis w...