Kamis, 09 Maret 2017

Review Algoritma Pemrograman

Algortima merupakan jantung dalam dunia Pemograman. Untuk dapat menyelesaikan masalah yang kita hadapi, kita perlu menyusun langkah-langkah atau instruksi. Misalnya saat kita hendak membuat telur dadar kemudian terpikirkan oleh kita untuk segera menyusun langkah-langkah untuk membuatnya. Nah , langkah – langkah itulah yang merupakan salah satu contoh algoritma. Dalam dunia pemograman pun demikian, untuk menyelesaikan masalah (problem solving), harus menyusun langkah-langkah penyelesaian yang dinamakan Algoritma.
Algoritma berasal dari kata algorism, yaitu nama penulis buku  Arab yang terkenal, Abu Ja’far Muhammad Ibnu Musa al Khowarizmi. Dalam bidang pemograman , Algoritma  adalah kumpulan instruksi/perintah/langkah yang berhingga jumlahnya, dituliskan secara sistematis, dan digunakan untuk menyelesaikan masalah logika dan matematika dengan bantuan komputer. Jika  digambarkan, proses penyelesaian masalah sampai pemecahannya adalah seperti di bawah ini.


Dalam penyajian Algoritma dapat berupa tulisan dan gambar. Algoritma tulisan memiliki struktur bahasa tertentu dan psedocode  (kode yang mirip dengan kode program sebenarnya), sedangkan yang gambar disajikan dalam bentuk  flowchart program(bagan yang menggambarkan suatu algoritma atau prosedur untuk menyelesaikan masalah),data flow diagram,diagram chart,dan lain-lain. Berikut ini  contoh Algoritma untuk mencari rata-rata dari 3 bilangan yang diinputkan
·         Algoritma dengan struktur bahasa Indonesia

1.      Baca bilangan a,b,c
2.      Jumlahkan ketiga bilangan tersebut
3.      Bagi jumlahnya dengan 3
4.      Tulis hasilnya

·         Algoritma dengan Pseudocode

Input (a,b,c)
Jml ß a + b + c
Rerata ß Jml/3
Output  ß (Rerata)


·         Algoritma dengan flowchart program




















Itulah sedikit pembahasan tentang Algoritma dalam Pemograman Komputer. Semoga bermanfaat untuk kalian yang akan dan sedang mempelajari tentang Ilmu Komputer atau tertarik tentang Ilmu Infortmatika. Karena Ilmu Komputer atau Informatika tak akan lepas dari yang namanya Ilmu Matematika. Algoritma ada dalam kehidupan kita dan Algoritma merupakan  langkah awal dalam kegiatan pemograman computer. So , jangan bosan untuk mau belajar dan mencoba hal-hal yang belum pernah kita lakukan sekalipun. Keep try it although in the end you failed, because trying is the best way than never. 








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengenal bahasa Pemrograman PHP dan Java

PHP dan Java merupakan pemrograman yang diperuntukan bagi dua tujuan berbeda. PHP lebih banyak digunakan untuk pembuatan aplikasi berbasis w...