Algortima
merupakan jantung dalam dunia Pemograman. Untuk dapat menyelesaikan masalah
yang kita hadapi, kita perlu menyusun langkah-langkah atau instruksi. Misalnya
saat kita hendak membuat telur dadar kemudian terpikirkan oleh kita untuk
segera menyusun langkah-langkah untuk membuatnya. Nah , langkah – langkah
itulah yang merupakan salah satu contoh algoritma. Dalam dunia pemograman pun
demikian, untuk menyelesaikan masalah (problem solving), harus menyusun
langkah-langkah penyelesaian yang dinamakan Algoritma.
Algoritma
berasal dari kata algorism, yaitu nama penulis buku Arab yang terkenal, Abu Ja’far Muhammad Ibnu
Musa al Khowarizmi. Dalam bidang pemograman , Algoritma adalah kumpulan
instruksi/perintah/langkah yang berhingga jumlahnya, dituliskan secara
sistematis, dan digunakan untuk menyelesaikan masalah logika dan matematika
dengan bantuan komputer. Jika
digambarkan, proses penyelesaian masalah sampai pemecahannya adalah
seperti di bawah ini.
Dalam penyajian Algoritma dapat berupa tulisan dan
gambar. Algoritma tulisan memiliki struktur bahasa tertentu dan psedocode (kode yang mirip dengan kode program
sebenarnya), sedangkan yang gambar disajikan dalam bentuk flowchart program(bagan yang menggambarkan
suatu algoritma atau prosedur untuk menyelesaikan masalah),data flow
diagram,diagram chart,dan lain-lain. Berikut ini contoh Algoritma untuk
mencari rata-rata dari 3 bilangan yang diinputkan
·
Algoritma dengan struktur bahasa
Indonesia
1. Baca
bilangan a,b,c
2. Jumlahkan
ketiga bilangan tersebut
3. Bagi
jumlahnya dengan 3
4.
Tulis
hasilnya
·
Algoritma dengan Pseudocode
Input
(a,b,c)
Jml
ß
a + b + c
Rerata
ß
Jml/3
Output ß (Rerata)
·
Algoritma dengan flowchart program
Itulah sedikit pembahasan tentang Algoritma dalam Pemograman Komputer. Semoga bermanfaat untuk kalian yang akan dan sedang mempelajari tentang Ilmu Komputer atau tertarik tentang Ilmu Infortmatika. Karena Ilmu Komputer atau Informatika tak akan lepas dari yang namanya Ilmu Matematika. Algoritma ada dalam kehidupan kita dan Algoritma merupakan langkah awal dalam kegiatan pemograman computer. So , jangan bosan untuk mau belajar dan mencoba hal-hal yang belum pernah kita lakukan sekalipun. Keep try it although in the end you failed, because trying is the best way than never.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar