Kamis, 16 Maret 2017

Konstanta dan Operator dalam C++

Konstanta adalah suatu nilai atau data yang sifatnya tetap. Konstanta merupakan salah satu identifier. Konstanta berguna untuk menentukan nilai yang merupakan tetapan, misalnya nilai pi ( n ), kecepatan cahaya dan lainnya. Secara garis besar konstanta dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu :
a.      Konstanta Bilangan
b.      Konstanta Teks
Ada tiga teknik yang digunakan untuk mendefinisikan konstanta pada C++. Teknik pertama berasal dari bahasa pemrograman C. Konstanta didefinisikan menggunakan preprosesor  #define. Preprosesor adalah program yang memodifikasi file-file source code pada saat sebelum kompilasi. Preprosesor yang umum digunakan adalah #include yang digunakan untuk menambahkan kode-kode tambahan ke dalam kode pemrograman kita. Teknik kedua yaitu dengan menggunakan keyword const saat mendeklarasikan variable. Ketika digunakan const akan menjaga nilai variable agar tetap tidak berubah ketika ada baris-baris  program yang akan mengubah variable tersebut. Teknik ketiga adalah dengan enumeration,teknik ini mendefinisikan tipe baru dan batasan nilai hanya pada kumpulan nilai yang ditentukan oleh programmer.
Operator merupakan symbol atau karakter yang digunakan untuk mengoperasikan nilai suatu data. Misalnya melakukan suatu operasi atau manipulasi, seperti penjumlahan, pengurangan, dan lain-lain.
Sifat dari Operator sebagai berikut :
·         Unary , sifat ini dalam operator adalah hanya melibatkan sebuah operand pada suatu operasi aritmatik. Contoh : -5
·         Binary, sifatnya melibatkan dua buah operand pada suatu operasi aritmatik. Contoh : 4+8
·         Ternary, melibatkan tiga buah operand pada suatu operasi aritmatik.
Ada beberapa operator yaitu :
a.      Operator Aritmatika , digunakan untuk mengoperasikan data-data numeric seperti penjumlahan,perkalian , pembagian dan sebagainya.
b.      Operator Relasi , digunakan untuk mewakili sebuah nilai logika (Boolean), dari suatu persamaan atau nilai yang dibandingkan sehingga dapat memutuskan sebuah masalah yang mempunyai dua kemungkinan atau lebih.
c.       Operator Logika , digunakan untuk menghubungkan dua buah operasi relasi menjadi sebuah ungkapan kondisi. Operator logika yang umum dalam bahasa pemrograman adalah AND ( logika dan), OR ( logika atau), NOT ( logika negasi/ingkaran).
Contoh program Konstanta menggunakan #define
1.ketikkan kode source berikut ini
2. kemudian simpan dengan nama file new6.cpp ( terserah anda), di folder anda. Kemudian buka CMD lakukan compile dengan perintah berikut :
Gunakan  g++  -o konstanta new6.cpp à enter à konstanta àenter
Outputnya adalah
 
Contoh selanjutnya
Ouputnya
Contoh program menggunakan const
Outputnya :
Contoh Program Operator Aritmatika
Output dari program diatas sebagai  berikut

 


Sekian penjelasan singkat tentang Konstanta dan Operator semoga bermanfaat…..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengenal bahasa Pemrograman PHP dan Java

PHP dan Java merupakan pemrograman yang diperuntukan bagi dua tujuan berbeda. PHP lebih banyak digunakan untuk pembuatan aplikasi berbasis w...