Kamis, 16 Maret 2017

Percabangan (Conditional Processing) dalam C++

Percabangan ( conditional processing )
Pernyataan percabangan digunakan untuk memecahkan persoalan dalam mengambil suatu keputusan diantara sekian pernyataan yang ada. Proses percabangan memperluas kegunaan dari program dengan memperbolehkan penggunaan logika-logika sederhana untuk memilih blok-blok kode yang akan dieksekusi. Dalam proses percabangan ada dua tipe pernyataan :
    1.        Pernyataan IF dan IF - ELSE
Pernyataan if digunakan untuk menjalankn blok-blok kode program jika test condition yang digunakan bernilai true ( benar ) maka blok-blok kode akan dijalankan. Jika tidak, maka blok-blok tersebut dilewati. Pernyataan if-else terdapat dua perintah, perintah 1 dan perintah 2 yang berupa sebuah pernyataan tunggal,majemuk atau pernyataan kosong. dalam program ini saya menggunakan compiler MinGW. Jika pernyataan If-Else diikuti pernyataan majemuk, bentuk penulisannya sebagai berikut:

Perhatikan  diagram alir IF berikut ini :
 
                                                         





Perhatikan diagram alir If - Else berikut:
Bentuk umum dari dari pernyataan if :
If ( kondisi )
  Pernyataan;
Contoh program If .

Output dari program di atas :
Selanjutnya contoh Program IF – ELSE

Output program di atas adalah :

 
Contoh Program  if – else
Outputnya :

    2.       Pernyataan SWITCH – CASE
SWITCH-CASE merupakan pernyataan yang dirancang khusus untuk menangani pengambilan keputusan yang melibatkan sejumlah atau banyak alternative.pernyataan switch-case ini digunakan untuk menggantikan penggunakan if-else bertingkat, tetapi untuk memeriksa data yang bertipe karakter atau interger.
Contoh program switch – case , sebagai berikut.
Output program di atas :



1 komentar:

Mengenal bahasa Pemrograman PHP dan Java

PHP dan Java merupakan pemrograman yang diperuntukan bagi dua tujuan berbeda. PHP lebih banyak digunakan untuk pembuatan aplikasi berbasis w...